Sudah Bayar Premi Asuransi Mobil dengan Rutin, Kok Klaim Ditolak?

tanya-kenapaAda banyak pemilik mobil yang memilih untuk membeli asuransi mobil all risk dikarenakan perlindungan yang diberikan sangat maksimal. Di samping itu, total uang ganti rugi yang didapat bisa mencapai ratusan juta rupiah. Meskipun begitu mereka harus membayar Premi asuransi mobil all risk yang jumlahnya tidak sedikit. Beberapa pemilik mobil bahkan harus mengeluarkan dana di atas 8 juta rupiah per tahun. Sayangnya, klaim asuransi tidak sepenuhnya mudah didapat meskipun sudah membayar premi asuransi secara rutin.

Salah satu kasus yang cukup heboh beberapa tahun lalu adalah kasus klaim asuransi kendaraan dari salah seorang musisi ternama Indonesia. Pihak asuransi tidak mau mengganti rugi atau menanggung biaya pengobatan anak dari si musisi yang mengalami kecelakaan. Banyak orang yang menyayangkan hal ini dan bahkan ada yang menghujat perusahaan asuransi tersebut atas masalah ini. Sebenarnya, dalam kasus ini ada beberapa hal yang harus dicermati. Pertama, apakah si pengendara sudah memiliki SIM A? Kedua, apakah namanya tercantum sebagai pemegang polis? Ketiga, apakah polis asuransi masih aktif? Jika jawabannya tidak, menyalahkan perusahaan asuransi adalah kesalahan besar.

Oleh sebab itu, jika Anda sudah membayar premi asuransi mobil Anda secara rutin dan ketika mengajukan klaim, klaim ditolak, jangan langsung menyalahkan pihak asuransi. Ada alasan kuat mengapa pihak asuransi melakukan hal tersebut. Selain alasan yang sudah disinggung di atas dan prosedur pengajuan klaim yang tidak benar, alasan lainnya adalah:

Kegunaan mobil

Apakah Anda mendaftarkan kendaraan Anda sebagai kendaraan pribadi? Jika iya dan ternyata Anda menggunakannya untuk balapan atau jasa penyewaan mobil, sudah pasti perusahaan asuransi menolak klaim yang diajukan. Alasannya sederhana, kendaraan rentan untuk mengalami kecelakaan jika digunakan untuk ajang balap atau jasa. Sangat disarankan untuk menulis keterangan yang jelas dan benar mengenai kegunaan mobil ketika mendaftarkan diri Anda sebagai nasabah.

as mobil c

Pelanggaran hukum

Di sini, pelanggaran hukum yang dimaksud adalah segala tindakan kriminal yang dilakukan oleh pemegang polis baik secara individu atau dengan bantuan orang lain dalam rangka mencari keuntungan pribadi. Misalnya, jika Anda mengaku mobil Anda dicuri di parkiran atau di garasi rumah dan menuntut ganti rugi, padahal sebenarnya kendaraan Anda dibawa oleh orang yang Anda kenal dengan sengaja. Kemudian, kendaraan sengaja disembunyikan guna menutupi jejak. Selain itu, bentuk tindakan kriminal lainnya adalah sengaja memalsukan data yang menjelaskan kerusakan mobil. Biasanya data yang dimasukkan ditulis secara berlebihan, seperti bemper mobil rusak parah padahal hanya ada goresan kecil.

Apabila hal ini diketahui oleh tim investigasi dari pihak asuransi, sudah pasti Anda akan berurusan dengan pihak berwajib dan polis asuransi Anda akan dibebukan.

Perluasan jaminan

Mengecek perluasan jaminan sangatlah penting karena tidak semua perusahaan asuransi menyediakan perluasan jaminan yang komplit. Misalnya, jika mobil Anda rusak akibat bencana alam baik itu banjir atau gempa bumi dan perluasan jaminan tidak mencakup kerusakan akibat bencana alam, jangan pernah berpikir bahwa klaim Anda akan diterima. Oleh sebab itu, pastikan perluasan jaminan yang ditawarkan pihak asuransi lengkap dan sesuai dengan kebutuhan Anda. Anyway, perluasan jaminan yang lengkap meliputi kerusakan akibat terorisme, huru hara, dan bencana alam.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *